Friday, November 3, 2017

Blog Tutorial : Cara Mengedit Video Menggunakan Videopad + Link Download (Bahasa Indonesia)

Posted by Keiagasshi at 6:46 AM
Hello Friends,
Today I'm going to write about stuff that unrelated with beauty so I will write using Bahasa Indonesia today :).
Beauty related entry will uploaded in next week.




Hari ini aku mau share cara aku buat edit semua video-video youtube aku.
Dan aku pakai bahasa indonesia buat jelasin bukan karena ga pede bikin entry serius pake bahasa inggris, tapi aku berharap supaya entry aku yang ini bisa lebih mudah di pahami banyak orang.

Anyway, kebetulan aku lihat di youtube gak terlalu banyak beauty youtuber dari Indonesia.
Kalo adapun emang mereka-mereka yang udah jadi big youtuber (ex: Lizzie Parra, Tasya Farasha, dll).
Yang lainnya? hmm...kebanyakan ga terlalu konsisten untuk jadi youtubers.

Ini semua bikin aku mikir, apa jangan-jangan pada males jadi youtubers karena ribet edit videonya?
Padahal ngedit video jatuhnya lebih cepet daripada ngedit foto-foto buat blog.
I'm not saying my editing is flawless tapi di sini aku cuma mau share aja, siapa tahu ada diantara pembaca blog aku yang interested buat jadi youtubers cuma bingung gimana cara edit video.

Ada banyak banget software untuk edit video, aku pribadi pake Videopad.
Alasannya karena Videopad itu user friendly banget.
Oh ya, ini bukan entry iklan ya. aku ga dapet apa-apa dari videopad kok.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah download software NCH Videopad.
Downloadnya dimana?
Kalian bisa download disini atau kalian bisa google cari link download yang Free.

Hari ini aku mau buat Part I dulu ya untuk tutorialnya, yaitu:

CARA MENGGABUNGKAN VIDEO/FOTO DAN LAGU


1. Setelah kalian download, langsung aja run program Videopad. Nanti kalian bakal menemui tampilan seperti ini.






 2. Kan masih kosong tuh projectnya. Langkah selanjutnya kalian klik open buat buka file video/foto yang kalian mau edit.







3. Ntar kalo abis di klik open bakal muncul kayak gambar di bawah ini. Kalian tinggal pilih mana video/foto yang akan di edit.




4. Setelah kalian pilih, nanti video dan foto nya bakalan muncul di videopad seperti gambar dibawah ini.



klik gambar untuk memperbesar

 5. Untuk mengedit video, kalian tinggal drag (seret) video/foto kalian ke kotak abu-abu (video 1) yang posisinya ada di bawah.


klik gambar untuk memperbesar


 6. Sekarang tinggal nambahin lagu ke video kalian deh.
Caranya sama dengan langkah ke 1-3, cuma kalau yang tadi kalian pilih file video/foto maka untuk yang ini kalian pilih file lagu yang mau kalian pakai (bisa MP3 atau apapun asal filenya di support oleh videopad).


klik gambar untuk memperbesar



 7. selesai download lagu/audio, kalian tinggal drag (seret) lagu yang mau kalian pakai ke kotak warna ungu (audio track 2) di bawah audio track 1.


klik gambar untuk memperbesar



8. Kak, bisa ga aku maunya videoku suaranya di ilangin aja jadi biar pure cuma kedengeran lagunya di video yang baru?
Bisa dong. Kalian tinggal klik icon yang aku kasih tanda di audio track 1.



klik gambar untuk memperbesar


9. Setelah kalian klik nanti muncul kotak clip volume, tinggal kalian tick mute trus ok.






 10. Gimana cara buat simpan?
Kalian tinggal klik file trus "save project as" dan simpan seperti kalian simpan file kalian biasanya.



klik gambar untuk memperbesar


11. Selesai deh.
Sekarang kalian udah bisa gabungin video-video kalian sama lagu-lagu yang kalian suka 😁.
Gampang banget kan ternyata untuk buat video.


Ini pasti bakalan ada yang nanya habis ini:
Kak, ini bisa langsung di upload ke youtube kah videonya?
Jawabannya: Belum.

Nanti aku jelaskan di postingan selanjutnya cara untuk upload video ke youtube.
Sementara buat yang part 1 kita sudahi di sini dulu soalnya udah kepanjangan postingannya..hehe..


Ini kalo ada yang baca trus ngedumel "blog apaan ini, bahas beginian kok bahasanya gak formal sama sekali?!?"
Mohon maaf ya, ini sebenarnya Beauty Blog jadi aku gak kepengen reader merasa kaku pas baca blog ini.
Dan aku pengen menjelaskan dengan bahasa yang gampang buat di cerna orang awam.

Ok deh, postingan hari ini segini aja.
Nanti kapan aku lanjutin lagi part 2 nya.


Thanks for reading all.

xx

2 comments:

  1. Wah seru nih tutorialnya ... Anw ini ada water mark nya ga? lagi cari free software yg ga pake water mark.. :D *gamodalbgt!

    ReplyDelete

 

PRETTY SECRET Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea