100 juta pertama?!?

Hello everyone, 

Besok udah bulan November nih, ga terasa 2021 udah hampir di penghujung tahun ya. 

Hari ini aku mau bahas soal goal-goal aku di tahun 2021.
Btw, kalian tiap awal tahun juga bikin goals ga sih? 

Kedepannya mungkin di setiap awal tahun aku akan share goals aku di blog ini ya. 
Karena aku decided untuk mulai nulis lagi disini. 

So my 2021 Goals di sisi keuangan adalah:

Dapet 100jt pertama

Yes, my goal di tahun ini secara economy adalah punya uang 100jt.

Sekarang udah November kan nih, pasti ada yang bertanya-tanya "kak, uangnya udah kekumpul belum? "
Jawabannya adalah:
BELUM
Hehehehe.... 

Tapi aku ga putus asa kok, masih ada 2 bulan tersisa. 
Mungkin jalanku untuk nabung dan ngumpulin uang ga semulus orang-orang lain. 
Kalo kalian lihat di youtube, banyak banget yang under 25 tahun udah punya 100jt.
Aku tahun ini 33 tahun dan aku ga malu untuk mengakui kalau jumlah tabunganku belum sampai 100jt.

Saat ini yang aku lakukan supaya bisa mencapai goal ku ada 2 :

1. Saving more dari gaji
Biasanya aku pas abis Terima gaji, akan langsung alokasikan dana untuk menabung. 
Nah nanti di akhir bulan kalau ada sisa uang, aku akan masukkan juga ke tabungan. 
Di part yang ini, untungnya sih aku ga pernah besar pasak daripada tiang. 
Jadi setiap bulan walaupun ga banyak tapi aku selalu sisihkan uang untuk rutin menabung. 

2. Simpan uang di REKSADANA
Ini tips buat yang masih muda-muda. 
Aku sarankan kalian mulai menabung di reksadana. 
Karena aku sendiri merasakan banget, nabung di bank itu uangku setiap bulan bukannya nambah tapi depleting aka berkurang. 



Ini aku capture real dari rekening ku. 
Kalian bisa lihat sendiri kenapa aku bilang uangku di bank bukannya bertambah tapi malah berkurang. 
Gimana ga berkurang kalau bunga 1 bulan cuma 2.616 perak tapi biaya admin + pajak + biaya kartu ATM lebih gede dari bunga bank nya. 

Tapi aku tetap ada simpan uang di bank, karena dana di bank itu liquid banget. 
Sewaktu-waktu ada kebutuhan bisa langsung di tarik. 

Tapi mulai bulan lalu aku rutin top up dana di RDPU (reksadana pasar uang). 

I wish I know this when I was younger. 
Jadi bisa keep uang lebih banyak di RDPU dan dapat return yang lebih banyak. 
But well, ada pepatah bahwa lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan? 
*wink wink*

3. Cari pendapatan tambahan
To be honest, yang ini sampai sekarang masih belum berhasil. 
Tapi aku ga putus asa dan bakalan terus berusaha. 

Sekarang ini untuk pendapatan tambahan aku berusaha dengan jual barang-barang yang aku udah ga pakai di carousell.
(Yang mau cek bisa ke carouselku ya: @chezia). 

Selain itu juga aku nawarin jasa ku di fiverr, freelancer. 
Walaupun sampai sekarang masih belum dapat project. 
(Ps: kalo ada yang baca ini trus butuh translator english - Indonesia, atau mungkin content creator tamu di blog boleh email atau DM aku di instagram ya). 


So di postingan hari ini, intinya aku cuma mau tekankan bahwa jangan pernah putus asa kalau goal kalian belum tercapai. 
Usaha terus, pantang menyerah. 
Dan iya, bener, aku tahu, menabung itu sulit. 
Apalagi di hari-hari ini disaat pandemi dan kondisi ekonomi tidak menentu. 

Kayak yang aku bilang di postingan sebelumnya. 
Ga semua orang lucky dapat exposure saat bikin video di youtube dan videonya booming terus dapet duit dari AdSense. 
Dan ga semua orang juga lucky jualan di e-commerce terus laris dan dapet omset gede. 

Yang paling penting adalah usaha kita. 
Bikin video di youtube ga ada yang nonton, gpp. 
Kalo itu passion kamu, terus berusaha dan berdoa. 
Suatu hari pasti dibukakan jalan sama Tuhan. 
Terus yang passionnya jualan juga kalau jualan kamu ga laku atau ga banyak yang beli. 
Jangan putus asa, mungkin bisa usaha minta teman-teman untuk promosi. 
Yakin, suatu hari kerja kerasmu akan berbuah manis. 

Itu hal yang bikin aku mulai nulis lagi. 
Aku tersadar, kalau passion ku adalah menulis. 
Walaupun sempet kebawa arus terus berusaha ikut-ikutan bikin video di youtube, di tiktok. 
Pada akhirnya aku sadar, media untuk aku mengekspresikan diri dengan nyaman ya dengan menulis. 

Nanti aku juga pasti akan nulis lagi soal beauty, skincare, make up di blog ini. 
Tapi blog ini ga akan ekslusif soal beauty, I want to do it like my old blog. 
Memories. 
I used to blog so I can remember things that happened in my life. 
(Jangan cari blog lama, udah saya tutup dan cuma saya yang bisa baca blog lama). 

So yah, itu aja hari ini. 
Esok kita ngobrol disini dengan topik yang lain. 

Have a nice weekend ❤❤❤






Comments

Popular posts from this blog

Evangeline Selection Series (Sugar Biscuit, Greentea, Raw Almond, Coconut Fantasy)

DIY: Eyeshadow Primer

FOTD 17/01/2015 : Monotone Eyeshadow